Rabu, 25 Januari 2023

AYO MENULIS DAN POSTING!!!

 

RESUME PERTEMUAN 8 PELATIHAN KBMN 28

 

Hari/Tanggal       : Rabu, 25 Januari 2023

Waktu                  : Pukul 19.00-21.00 WIB

Tema                    : Komitmen Menulis di Blog        

Narasumber        : Drs. Dedi Dwitagama, M. Si

Moderator           : Sigid PN, SH.

 


Bismillah…

Saudaraku semua, alhamdulillah kita bisa bertemu lagi dalam keadaan sehat, insyaaAllah. Aamiin.

Saking serunya ikut pelatihan kelas menulis, tidak terasa, sekarang sudah memasuki pertemuan ke-8. Selamat membaca resumenya, Sahabat!

Pertemuan pada kelas menulis ke-8, terasa lebih berbeda, salahsatunya karena pelatihan dilaksanakan melalui zoom. Pa Sigid sebagai moderator mengarahkan para peserta untuk segera bergabung di link zoom meeting yang telah disiapkan oleh Tim Solid Omjay.  Pemateri pada kesempatan ini adalah Pak Dedi. Beliau merupakan salahsatu orang hebat. Pengalaman di bidang menulis sangat luar biasa, penyampaian materinya juga keren banget: jelas dan kongkrit.

Menurut pemateri, komitmenlah dalam menulis. mau dionlinekan atau tidak, teruslah menulis. Dalam menulis sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan. Intinya kita harus punya tekad yang kuat untuk memulai dan terus menulis.  Menulis apa saja.

Ketika punya ide, langsung tulis saja, langsung diposting. Ketika kita membutuhkan karya tulis, tulisan tadi bisa dijadikan bahan dan itu tentu sangat membantu. Tulisan yang kita posting sebenarnya tidak hanya bisa menjadi KTI, tapi bisa menjadi apa saja sesuai dengan yang kita butuhkan.

Untuk awal membiasakan menulis, kita bisa memaksakannya terlebih dahulu. Tentu bentuk memaksakan dengan cara yang cantik. Termasuk penumbuhan pembiasaan menulis terhadap anak didik, seharusnya kita sebagai guru bisa mengarahkannya.

Dalam kegiatan apapun, sebetulnya kita jangan terlalu bertumpu terhadap materi, khususnya bentuk uang. Bentuk investasi kita cakupannya harus lebih luas. Selain bentuk uang, kita insyaaAllah akan meraih hal-hal lain juga yang pasti sama berharganya atau bahkan lebih berharga dari materi yang bersipat uang. Begitupun dalam hal menulis, pasti lambat laun akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, yang mungkin tidak terbayangkan oleh kita sebelumnya.

Dalam kegiatan menulis, ketika kita sudah berkominten, sebetulnya kita jangan punya pikiran layak atau tidak layak terhadap tulisan kita. Kadang kita berpikir apa yang kita pikirkan atau nantinya akan ditulis, mungkin terlalu sederhana. Hal tersebut jauhkanlah dari pikiran kita. Kita tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara umum. Bisa saja yang kita tulis sedang tidak jaman, atau tidak penting, suatu saat justru itu yang dibutuhkan dan menjadi trend. Itu salahsatu yang dialami oleh narasumber.

Motivasi menulis sebenarnya bertebaran di sekitar kita. Kegiatan menulis bisa dimulai dari hal-hal ringan yang ada dan terjadi di sekitar kita. Kita foto apa saja yang ada dan terjadi di sekitar kita, kita buat videonya. Untuk awal, kita tidak perlu berpikir mengeditnya, posting saja melalui media apapun, seperti blog, tiktok, youtube, dan lain-lain. Suatu saat kita akan terkesima, bahwa postingan kita ternyata menjadi trend dan dibutuhkan oleh masyarakat. Intinya, menulis saja.

Terima kasih Tim Solid Omjay, pelatihan ini sangat bermanfaat. Terima kasih Pak Dedi, pengalaman dan ilmu yang bapak sampaikan sangat menginspirasi.

Maaf, saya jujur nih, niat awal ikutan zoom tidak akan sampai selesai karena kouta sedang menipis, tapi ternyata menarik banget. Sampai tamat deh akhirnya, hehe…

Yuk marii… kita terus menulis, Sahabat!

 

 

 

 

 

12 komentar:

SALSÉ

Nyarandé nyalsé na amparan Suku nanggunjar aya ku genah Kali-kali ramo gerak kutak ketik Leng deui ngahuleng   Niat haté hayang ng...