Senin, 23 Januari 2023

Writer’s Blok, No…

 

RESUME PERTEMUAN 7 PELATIHAN KBMN 28

 

Hari/Tanggal       : Senin, 23 Januari 2023

Waktu                  : Pukul 19.00-21.00 WIB

Tema                    : Mengatasi Writer’s Block           

Narasumber        : Ditta Widya Utami, S. Pd. Gr..

Moderator           : Raliyanti, S. Sos., M. Pd.

 


Bismillah…

Para sahabat semua, alhamdulillah kali ini kita bisa bertemu lagi dalam berbagi resume ke-7 dalam keadaan sehat. Aamiin.

Setelah pada pertemuan sebelumnya semangat membara untuk bisa membuat buku mayor bersama Prof. Eko, tema pada pertemuan ke-7 ini adalah: Mengatasi Writer’s Block dengan narasumber Ibu Ditta dan dipandu oleh moderator yaitu Ibu Raliyanti.

Sebelum memulai aktivitas, kita harus terbiasa dengan berdoa terlebih dahulu. Itupun selalu disampaikan dan diarahkan para moderator Tim Solid OmJay, termasuk yang dilakukan moderator pada pertemuan ke-7 ini. In syaaAlloh kegiatan kelas menulis ini akan semakin berkah dan mendapat ridho Allah SWT. Aamiin. Terimakasih Tim Solid Omjay, ini kegiatan yang sangat bermanfaat.

Dipandu oleh moderator hebat dan narasumber yang luar biasa, semangat para peserta terus dipupuk. Melalui berbagai hasil karya dan penghargaan yang sudah diraih oleh ibu moderator dan ibu narasumber, tentu ini membuat semangat peserta semakin menggelora.

Menurut narasumber, siapapun yang ingin menjadi penulis andal, maka harus siap dengan prosesnya. Itu yang telah dilakukan dan dijalani oleh Tim Solid Omjay, seperi Omjay, Bunda Kanjeng, Pak Dail, Bunda Aam, Bu Rali, Mr. Bams, Prof Eko, dan yang lainnya. Semua hasil karya dan penghargaan tidak diraih dengan cara instan. Termasuk narasumber sendiri. Bu Ditta sudah gemar membaca sejak sebelum SD, dan mulai menulis ketika SD dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal tersebut menjadi kebiasaannya sampai SMA. Ternyata, kegiatan seperti itu bisa menjadi self healing yang baik juga. Bahkan saat ini, beberapa psikolog ada yang menyarankan kepada pasiennya untuk menulis sebagai salahsatu cara mengatasi depresi dan sebagainya.

Kebiasaan menulis yang dirasakan narasumber memang banyak sekali manfaatnya. Ketika kuliah, Bu Ditta pernah membuat buku Petualangan Kimia bersama rekannya dan diikutsertakan dalam Lomba Kreativitas Mahasiswa di jurusan, serta meraih juara dua. Ketika kuliah juga beliau pernah menulis proposal bersama temannya dan berhasil mendapat dana hibah untuk asosiasi profesi dari Dikti hingga 40 juta, itu di tahun 2009-2010. Begitu selanjutnya sampai saat ini. Kegiatan menulis terus dilakukan, bisa dilakukan karena hobi, kebutuhan, tuntutan profesi, dan lain-lain.

Berkaitan dengan write’s block, Bu Ditta menyampaikan bahwa aktivitas menulis itu maknanya luas. Menulis adalah kata kerja yang hasilnya bisa sangat beragam. Oleh karena itu, tak hanya novelis, cerpenis, jurnalis, atau bloger, namun ada juga copywriter yang tulisannya mengajak orang untuk membeli produk, ada content writer yang bertugas membuat tulisan profesional di website, ada script writer sebagai penulis naskah film/sinetron, ada ghost writer, technical writer, hingga UX writer, dan sebagainya.

Faktanya, penulis-penulis tersebut masih bisa terserang virus WB alias Writer’s Block. Tak peduli muda atau tua, profesional atau belum, WB bisa menyerang siapapun yang masuk dalam dunia kepenulisan. WB bisa menjangkit dalam hitungan detik, menit, hari, minggu, bulan, bahkan tahunan dan itu bisa berulang.

WB adalah kondisi di mana kita mengalami kebuntuan menulis. tak lagi produktif atau berkurang kemampuan menulisnya. Hal tersebut bisa disadari atau tidak. Istilah WB sebetulnya Sudah ada sejak tahun 1940-an, dperkenalkan pertama kali oleh Edmund Bergler, seorang psikoanalisis di Amerika.

Penyebab-penyebab WB diantaranya seperti di bawah ini.

1.      Mencoba metode/topik yang baru

2.      Stress

3.      Lelah fisik/mental

4.      Terlalu perfeksionis

 

Beberapa obat WB diantaranya sebagai berikut.

1.      Mencoba hal-hal baru dalam menulis

2.      Membaca buku ringan untuk cemilan otak

3.      Bebas menulis, menulis saja, jangan memikirkan salah eja, salah ketik, koherensi, dan sebagainya

 

Yuk ah sahabat, kita lanjutkan kegiatan menulisnya, bebas menulis.

 

 

 

12 komentar:

  1. Mantap

    https://yamin19710813.blogspot.com/2023/01/mengatasi-writers-block-pertemuan-ke-7.html

    BalasHapus
  2. Halo Bu Nan... bagus resumenya. Semoga sudah bisa komen di blog saya ya 😀

    BalasHapus
  3. Mantap Bu, lanjutkan ..

    BalasHapus
  4. Keren Bu, selalu suka membaca resume ibu yang satu ini, lanjutkan, semangat ...

    BalasHapus
  5. katakan tidak pada writers block , mantap, semangatnya bu, ,minta tolong lirik dan komen https://notshka.blogspot.com/2023/01/ulala.html

    BalasHapus

SALSÉ

Nyarandé nyalsé na amparan Suku nanggunjar aya ku genah Kali-kali ramo gerak kutak ketik Leng deui ngahuleng   Niat haté hayang ng...