RESUME PERTEMUAN 28 PELATIHAN KBMN 28
Hari/Tanggal : Senin, 13 Maret 2023
Waktu : Pukul 19.00-21.00 WIB
Tema : Teknik Promosi Buku
Narasumber : Akbar Zainudin, MM., MNE.
Moderator : Sim Chung Wei, SP.
Bismillah…
Assalamu’alaikum
sahabat-sahabatku…
Semoga
kita selalu ada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin.
Sahabatku, pada pertemuan ini saya
akan berbagi resume tentang teknik promosi buku. Selamat
membaca ya!
Sahabat, kita semua tahu, sebagus
apapun buku yang kita tulis, kalau tidak dipromosikan maka tidak akan ada yang
tahu, apalagi membacanya. Anda mengharapakan karya kita laris manis? Tentu ada
triknya membuat buku kita dikenal khalayak, diminati dan tentu saja dimiliki
banyak orang. Akbar Zainudin, penulis buku Man Jadda Wajada menjelaskan tentang
strategi promosi buku.
Promosi adalah cara kita memberikan
informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli
produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki
kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli.
Promosi buku itu penting karena
sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui produk
kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita.
Beberapa tujuan dari promosi buku
adalah:
1. Membuat audiens mengenal (tahu) buku kita.
2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana
caranya yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi
butuh.
3.
Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.
4. Mengharapkan konsumen agar mau
merekomendasikan buku kita kepada orang lain.
Program promosi bisa dilakukan oleh
penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan.
1.
LAUNCHING BUKU.
Launching buku adalah program untuk
meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana
saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching
buku siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau
buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program
launching buku. Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk
launching buku. Kita bisa memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan
acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia. Sekarang ini program launching buku
semakin mudah. Dengan adanya Media Sosial, kita bisa melakukan program
launching buku ini bahkan dari rumah. Bisa melalui FB, IG, ataupun Youtube.
Buat saja program LAUNCHING BUKU, live di FB, IG, atau Youtube. Undang kawan-kawan
kita. Ajak mereka berpartisipasi.
2.
BEDAH BUKU.
Bedah buku yaitu acara diskusi untuk
membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline.
Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga.
Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya.
3.
SEMINAR ATAU
PELATIHAN.
Lakukan seminar ataupun workshop
sesuai dengan tema buku kita. Kalau saya bukunya motivasi dan menulis. Maka
saya secara berkala menyelenggarakan seminar dan diklat terkait motivasi dan
menulis. Seminar atau workshop ini, pertama-tama bolehlah dilakukan gratis.
Karena target kita adalah mengenalkan buku kepada para peserta. Lakukan secara terus
menerus.
4.
MEMBANGUN
KOMUNITAS.
Komunitas yang kita bangun adalah
komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya
motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru,
maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis.
Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa,
bangun komunitas bahasa. Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca
sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku.
5.
MEMBANGUN
JARINGAN RESELLER.
Reseller adalah orang-orang yang mau
menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan
20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000,
kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga
lebih mudah bagi mereka untuk menjual.
6.
JUALAN DI
MARKETPLACE.
Buka toko di marketplace (Lazada,
Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan
meluaskan promosi dan distribusi kita.
Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada. Itulah pentingnya ada di
marketplace. Jadi kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan.
7.
MEMANFAATKAN
MEDIA SOSIAL (Medsos) untuk promosi buku..
Manfaatkan sebaik-baiknya followers
dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat
status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan
buku yang kita tulis. Dan jangan setiap hari isinya jualan. Lebih banyak
sharing-sharing, baru selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para
pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita.
Sharing-sharing apa saja, kalau perlu sesuai dengan kebutuhan mereka.
Intinya, kita bisa menggunakan
berbagai cara untuk bisa mempengaruhi calon konsumen, sehingga pada akhirnya
mereka tertarik terhadap hasil karya kita.
Selamat mencoba… dan akan ku coba pada
waktunya, in syaaAlloh!!!
Terima kasih TSO semuanya…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar