RESUME PERTEMUAN 20
PELATIHAN KBMN 28
Hari/Tanggal : Rabu, 22 Februari 2023
Waktu : Pukul 19.00-21.00 WIB
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agust Subardana, S.E., M.M.
Moderator :
Purbasita KS, S.Pd.
Bismillah…
Hai sahabat-sahabatku…
bagaimana kabar semuanya? Semoga semuanya selalu ada dalam lindungan Allah SWT,
Aamiin.
Sahabatku, meskipun saya
sedang mengikuti sebuah kegiatan yang penting, tapi kelas menulis ini memang ngangenin,
bawaannya pingin ikutan terus. Meskipun sedikit ketinggalan, in syaaAlloh
dikejar…hehe.
Pada pertemuan ke-20 ini,
kelas menulis menyajikan tema tentang pemasaran buku. Berikut tulisan selanjutnya.
Tujuan menulis adalah untuk
menghasilkan karya buku yang akan disajikan ke pada para pembaca. Otomatis,
kita harus paham terhadap sajian yang diminati masyarakat. Tidak mudah membidik
selera dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar
buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.
Hal ini tentu ada kaitan erat dengan strategi pemasaran buku itu sendiri.
Buku merupakan salahsatu
sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku
dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi,
khususnya pada anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud
dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan
pemerintah terhadap budaya membca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat
terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam rangka untuk
mempertahankan industri penerbitan buku, supaya terus hidup dan dapat mencapai
hasil penjualan buku yang maksimal, maka kita perlu strategi pemasaran. Tentu,
hal ini biasa dipakai oleh hampir semua wirausaha, interprener yang menjalankan
bisnis.
Strategi pemasaran penjualan
buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Salahsatunya bisa dilihat
dari jenis-jenis buku yang diterbitkan pada saat ini. Jenis-jenis buku yang
diterbitkan tersebut bisa dikelompokkan menjadi katagori buku. Salahsatu contoh,
penerbit buku ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk, yaitu
32 katagori produk buku (buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi-novel,
buku pengembangan diri, buku teks, dan lain-lain).
Dari jenis katagori buku
tersebut, kita bisa melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori
buku yang diterbitkan. Pada umumnya, kegiatan pemasaran buku berkaitan berkoordinasi
dengan beberapa kegiatan bisnis, sehingga strategi pemasaran pada umumnya
dipengaruhi oleh dua faktor di bawah ini.
1.
Faktor mikro:
perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat.
2.
Faktor makro:
demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial-budaya.
Dua strategi pemasaran buku
berdasarkan dua faktor di atas yaitu meliputi hal di bawah ini.
1. Strategi pemasaran
buku serangan udara (online): content marketing, search engine optimization,
search engine marketing, social media marketing, email marketing, instant
messaging, influencer marketing, video marketing, dan sebagainya
2. Strategi pemasaran
buku serangan darat (ofline): toko buku, direct selling/kunjungan
langsung, malakukan event-event.
Keren banget Bu moderator, Pak pemateri,
serta tim OmJay, dan terima kasih ilmunya.
Mntap.. Semangat terusss Bun...
BalasHapus