Rabu, 22 Februari 2023

PEMASARAN BUKU

 

RESUME PERTEMUAN 20 PELATIHAN KBMN 28

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 22 Februari 2023

Waktu                 : Pukul 19.00-21.00 WIB

Tema                   : Pemasaran Buku       

Narasumber         : Agust Subardana, S.E., M.M.

Moderator            : Purbasita KS, S.Pd.

 


Bismillah…

Hai sahabat-sahabatku… bagaimana kabar semuanya? Semoga semuanya selalu ada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin.

Sahabatku, meskipun saya sedang mengikuti sebuah kegiatan yang penting, tapi kelas menulis ini memang ngangenin, bawaannya pingin ikutan terus. Meskipun sedikit ketinggalan, in syaaAlloh dikejar…hehe.

Pada pertemuan ke-20 ini, kelas menulis menyajikan tema tentang pemasaran buku. Berikut tulisan selanjutnya.

Tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan ke pada para pembaca. Otomatis, kita harus paham terhadap sajian yang diminati masyarakat. Tidak mudah membidik selera dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Hal ini tentu ada kaitan erat dengan strategi pemasaran buku itu sendiri.

Buku merupakan salahsatu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi, khususnya pada anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dalam rangka untuk mempertahankan industri penerbitan buku, supaya terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal, maka kita perlu strategi pemasaran. Tentu, hal ini biasa dipakai oleh hampir semua wirausaha, interprener yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Salahsatunya bisa dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan pada saat ini. Jenis-jenis buku yang diterbitkan tersebut bisa dikelompokkan menjadi katagori buku. Salahsatu contoh, penerbit buku ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk, yaitu 32 katagori produk buku (buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi-novel, buku pengembangan diri, buku teks, dan lain-lain).

Dari jenis katagori buku tersebut, kita bisa melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya, kegiatan pemasaran buku berkaitan berkoordinasi dengan beberapa kegiatan bisnis, sehingga strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh dua faktor di bawah ini.

1.   Faktor mikro: perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat.

2.   Faktor makro: demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial-budaya.

Dua strategi pemasaran buku berdasarkan dua faktor di atas yaitu meliputi hal di bawah ini.

1. Strategi pemasaran buku serangan udara (online): content marketing, search engine optimization, search engine marketing, social media marketing, email marketing, instant messaging, influencer marketing, video marketing, dan sebagainya

2. Strategi pemasaran buku serangan darat (ofline): toko buku, direct selling/kunjungan langsung, malakukan event-event.

 

Keren banget Bu moderator, Pak pemateri, serta tim OmJay, dan terima kasih ilmunya.

 

 

 

1 komentar:

SALSÉ

Nyarandé nyalsé na amparan Suku nanggunjar aya ku genah Kali-kali ramo gerak kutak ketik Leng deui ngahuleng   Niat haté hayang ng...